Meditasi Membantu Otak Dan Fisik anda Sehat

Sumber penulisan ini diambil dari blog PsikologiPsikis yang membahas tentang kemampuan manusia, blog ini hanya menyajikan artikel kesehatannya saja.

Para peneliti dari Emory University School of Medicine telah menerbitkan sebuah hasil studi di bulan ini penelitian tersebut diterbitkan oleh Perpustakaan Umum Ilmu (PLoS One), Para peneliti berpendapat bahwa meditasi zen dapat mempertajam kemampuan otak dan membuat otak tetap fokus. Kemampuan meditasi ini juga dapat memanipulasi kemampuan otak agar meningkatka jumlah imun dalam tubuh sehingga tubuh melakukan pertahanan terhadap penyakit.

Dalam penelitian untuk pengembangan kesehatan melalui proses meditasi, hasilnya adalah mereka yang menjalani terapi meditasi sekian lama, mampu mengatasi berbagai macam penyakit dengan bermodalkan kemampuan tubuh dan pikirannya. Pada para praktisi tingkat tinggi bahkan kemampuan penyembuhan bisa dilakukan dengan niat atau kehendak dari otak dan menjalankan pranayama (pernafasan)

Tim, studi yang dibiayai oleh dana dari National Institutes of Health, menggunakan pencitraan magnetik resonansi fungsional (fMRI) untuk memeriksa aliran darah di daerah otak yang berkaitan dengan fokus dan ketenangan pada semua peserta dalam penelitian ini. Para relawan dalam penelitian diminta untuk melakukan praktek latihan meditas selama 2 minggu dengan dibimbing seorang praktisi. Sedangkan relawan lainnya mempraktekkan senam kesehatan, setiap harinya selama 2 minggu pula.

Hasil penelitian didapatkan perbedaan antara dua kelompok didapatkan hasil yang agak berbeda. Kesamaannya adalah ada peningkatan stamina dan daya tahan tubuh dari dua kelompok relawan setelah menjalani tes ini "Ini menunjukkan bahwa praktek meditasi dan olahraga secara teratur dapat meningkatkan kapasitas fisik terutama untuk kesehatan," kata Adreas salah seorang peneliti kepada wartawan. "Hanya saja kami menemukan, pada kelompok yang melakuakn praktek meditasi kemampuan fisik dan imunnya meningkat secara signifikan, ditambah pula dengan pencapaian ketenangan batin dan kemampuan pikiran yang tajam, dan ini tidak terjadi jika seseorang hanya mempraktekkan senam biasa, “

meditasi Zen adalah latihan untuk fokus secara sadar, dan berkonsentrasi pada jalannya nafas, dan inilah fokus perhatian yang membantu pikiran untuk melepaskan pikiran lain dari berbagai pikiran yang mengganggu yang mencoba untuk masuk masuk dalam otak, Seorang praktisi meditasi Zen mampu mengontrol pikirannya dan berdampak pada ketangan jiwa dan kesehatan. Stress ternyata berpengaruh sekali terhadap kesehatan, dengan meditasi tingkat stress dapat diminimalkan dan hal ini berpengaruh terhadap kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar