Apa Psikometri dan Bagaimana Melatihnya?

PSIKOMETRI.. apakah anda tahu apa itu psikometri? Atau apakah anda justru pernah mengalaminya? Kali ini psikologipsikis.blogspot.com akan memberi tahu sedikit tentang apa itu psikometri sekaligus memberikan tips cara melatihnya secara sederhana. Penjelasan tentang Psychometry adalah kemampuan psikis di mana seseorang bisa merasakan atau "membaca" sejarah suatu objek dengan cara menyentuhnya. Orang seperti itu dapat menerima Flasback atau future tentang keadaan dari sebuah objek dengan cara memegangnya suatu benda yang berhubungan dengan objek atau objek itu sendiri. Gambaran imajinasi tersebut dapat dirasakan dalam bentuk gambar, suara, bau, rasa, bahkan emosi.

Psychometry adalah bentuk kemampuan psikis yang agak berbeda dengan kemampuan psikis lainnya, terutama kemampuan melihat objek dengan memanfaatkan suatu benda tertentu. Beberapa orang dapat "melihat" menggunakan bola kristal, kaca hitam atau bahkan permukaan air. Tapi orang yang memiliki kemampuan psychometry, mendapatkan visi yang luar biasa ini hanya dengan melalui sentuhan kapanpun dan dimanapun.Psikometri juga bisa disebut sebagai seni merasakan energi-energi yang terpancar dari benda mati. Seseorang yang sudah mengembangkan anugerah kemampuan psikometri dapat merasakan energi dari benda yang dipegangnya dan membaca energi tersebut untuk memperoleh informasi.

Menurut ilmu Psikometri setiap benda baik hidup maupun mati mempunyai energi yang bersumber objek/benda itu sendiri, dalam dunia psikis hal ini bisa disebut juga Aura atau Prana, Prinsipnya adalah setiap molekul benda mati dan hidup bergetar, begitu juga elektron-elektron dari atom-atomnya berputar dan memancarkan energi. Pengaruh gaya tarik-menarik antar molekul dan atom menyebabkan energi yang memancar dari orang atau benda di sekitar objek dapat diserap oleh objek dan disimpan sebagai rekaman kejadian. Rekaman kejadian itu bisa mengendap sampai puluhan tahun lamanya bahkan jika ia memiliki energy yang kuat maka ia bisa mengendap selama ratusan tahun atau lebih.

Bagi siapa saja yang memiliki indra sensitif dapat membaca energi itu. Jika suatu waktu anda sedang memegang atau berada di dekat sebuah benda lalu anda tiba-tiba merasakan perasaan tertentu – dalam bahasa sehari-hari seperti ada perasaan lain, suatu sensasi tiba-tiba seperti perasaan sedih atau perasaan nyaman, ada kemungkinan anda memiliki kemampuan psikometri. Sebaiknya kemampuan tersebut dikembangkan, karena akan sangat berguna dalam hidup anda, seperti misalkan anda seorang polisi penyelidik kejahatan, broker barang antik, atau kolektor benda seni.


Biasanya informasi yang diperoleh berkaitan dengan saat-saat dalam kehidupan orang yang memiliki benda tersebut, dan mungkin mencakup data tentang karakter pemilik atau keadaan emosi nya, pendapat situasi tertentu atau orang, atau lokasi .Produk yang jarang tersentuh oleh pemilik sebelumnya, atau yang pernah dilakukan pada orang juga dapat dibaca, dan mungkin termasuk objek yang tidak biasa seperti pemanggang roti, telepon, atau sekop kebun. Dalam hal benda yang sangat besar, seperti mobil, dinding, pintu, atau meja, psychometrist akan perjalanan ke lokasi untuk menyentuh item dan mungkin menerima tayangan psikis lebih dari satu orang yang menyentuh atau digunakan objek selama bertahun-tahun.

Tehnik mengembangkan kemampuan Psikometri anda :
Untuk permulaan coba anda memulai praktek dengan merasakan benda-benda disekitar anda, sentuhlah benda tersebut, konsentrasi dan cari tahu apa yang anda rasakan. Latihan ini dapat membantu anda apakah anda memang memiliki kemampuan Psikometri atau setidaknya bakat terpendam.

Coba juga latihan ini, bila Anda memiliki sesuatu,seperti cincin. Anda dapat bermain-main sedikit dengan itu, merasakan cincin yang ada di tangan Anda, lihat itu mungkin, atau hanya terus dan mencoba untuk merasakan energi di dalamnya.

Pastikan untuk mengosongkan pikiran dan perasaan cobalah berkonsentrasi pada objek yang anda pegang.

Langkah 1
Pegang sebuah benda dengan kedua tangan Anda. Sebaiknya ukurannya muat untuk berada dalam genggaman tangan. Benda itu bersifat pribadi, seperti barang perhiasan atau jam tangan, dan telah dimiliki dan dipergunakan oleh pemiliknya dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga energi yang menempel pada benda itu sangat kuat.

Langkah 2
Fokuskan pikiran anda kepada objek yang anda pegang. Tutup kedua mata jika itu bisa membantu anda untuk berkonsentrasi. Arahkan energi anda kepada objek di dalam genggaman kedua tangan Anda. Biarkan pikiran anda beristirahat dan menetap hanya pada objek itu.

Langkah 3
Visualisasikan dengan imajinasi anda bahwa ada sebuah jalur penghubung antara energi objek yang anda pegang dengan energi anda sendiri. Perhatikan kedua energi – energi anda dan objek – bergabung dalam satu ladang energi.

Langkah 4
Relaksasikan pikiran anda, dan lihatlah gambaran-gambaran apa yang datang dalam pikiran anda. Perhatikan dengan seksama apa-apa yang Anda sedang rasakan atau sensasi-sensai yang datang. Pencitraan mungkin datang berupa gambaran-gambaran, pemikiran-pemikiran, sensasi-sensasi atau berupa bau tertentu. Perhatikan setiap kesan yang anda terima.

Langkah 5
Kenali dan rasakan obyek dengan cara yang berbeda dalam berbagai cara. Kenali apakah rasanya panas atau dingin, kegelisahan atau ketenangan, kesedihan atau kegembiraan, marah atau kasih, dan seterusnya.

Langkah 6
Terimalah setiap perasaan, pemikiran atau pencitraan yang anda terima apa adanya – jangan menggunakan asumsi atau analisa logika anda. Jika anda sedang menggunakan psikometri untuk membaca orang lain, maka katakan kepada mereka segala sesuatu yang anda alami dan rasakan. Apabila kita mengatakan sesuatu apa adanya, biasanya orang akan jujur juga kepada anda, dan ini akan membantu anda untuk memperoleh perasaan dan pencitraan yang semakin akurat. Jika anda sedang mempraktekkan psikometri untuk pengembangan ketrampilan, catat semua pencitraan yang sudah anda terima, dan ingatlah kiat-kiat yang anda temukan sendiri selama latihan untuk mendapatkan kekuatan dan ketelitian dari kemampuan anda, kalau Anda ingin terus mempraktekkan dan mengembangkannya.

Semakin banyak anda mempraktekkan kemampuan psikometri anda, maka kemampuan anda akan semakin kuat dan informasi yang diterima menjadi lebih akurat. Temukan kesempatan untuk mempraktekkannya ketika anda berada di pesta, pertemuan-pertemuan dengan teman-teman atau keluarga. Teman-teman dan keluarga anda biasanya merasa tertarik dengan psikometri dan ingin belajar dari anda, hal ini berarti kesempatan bagi anda untuk memperbaiki ketrampilan dan mempertajam indera batin. Siapa tahu anda bisa menjadi seorang Psikometri terkenal dan anda bisa hidup dari keterampilan itu.

Sampai saat ini di Indonesia belum ada sekolah khusus tentang kemampuan Psikis, kebanyakan adalah perguruan tenaga dalam dan kebatinan. Sedangkan di Amerika dan beberapa negara Eropa sudah ada sekolah tentang kemampuan psikis ini walaupun masih dalam jumlah yang sedikit..

Artikel Lainnya :

-ramalan bukti dan keberadaannya
-terapi psikoanalitik
-musik sebagai terapi penyembuhan fisik
-apa psikometri dan bagaimana melatihnya
-menekan pikiran negatif pada diri anda
-Tes Untuk mengetahui Kekuatan Batin Anda
-Tehnik Hipnotis Seketika
-Cara Meningkatkan Kekuatan Pikiran
-Apakah Keberadaan Clairvoyants Diperlukan?
-Kemampuan Intuitif? Bakat Atau Hanya Kebetulan?
-Apa Itu Hipnosis

27 komentar:

  1. apakah ini ada latihan pengantarnya bung admin

    BalasHapus
  2. Aku sering merasakan adanya energi yg menerpa tubuh saya pada suatu tempat atau ruangan dan bila ku kunjungi tempat itu sama kejadianya seperti itu juga. Namun aku tidak mengert penomena apa?..mohon penjelasanya trimakasih,,,!

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berati kaya dejavu gitu bang. (Perasaan seperti pernah melakukan, padahal hal itu belum di ketahui sebelum nya)

      Hapus
  3. thx info'a gan,sangat bermnfaat ni ^^

    BalasHapus
  4. psikometri bukan seperti itu definisinya, psikometri adalah ilmu pengukuran di bidang psikologi. Silahkan baca buku Psikometri karangan Prof Saifuddin Azwar, akan dijelaskan apa itu psikometri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Tp psikometri yg dimaksud disini dalam hal definisi tentang kemampuan psikis seorang manusia ...

    BalasHapus
  6. saya merasakan gambar yang melintas adalah gambar hantu

    BalasHapus
  7. melatih indera batin, apa sama dengan mata batin yg bisa melihat makhluk2 itu? tertarik sih, tp kalo artinya sama gajadi deh wkwk

    BalasHapus
  8. maaf psikometri bukan ilmu yang mampu membaca suatu dari memegang ... tpi psikometri dalam psikologi adalah salah satu cabang ilmu yang di gunakan untuk menghitung alat tes psikologis ( yaitu adalah cabang ilmu yang menggunakan statistik untuk mengukur rasio dari suatu fenomenal sosial )

    BalasHapus
  9. ini blog cuma buang2 kuota ane ... ane kirain tentang psikometri beneran T_T nasib kuliah di jurusan psikologi T_T

    BalasHapus
  10. Kalau saya pernah merasakan psikometri dalam diri saya. Tapi cuma untuk objek2 benda hidup. Dan semakin sering saya gunakan semakin akurat. Tapi sekarang saya sudah hampir lama sekali tidak menggunakan bakat tersebut. Kemungkinan keakuratannya kurang..

    BalasHapus
  11. Sebagai orang awam, sy hanya bisa menarik kesimpulan bhw psikometri
    ada 2 definisi yaitu dari ilmu psikologi dan dari sisi metafisika....
    Whatever....lah, krn keduanya merupakan pengetahuan,sy sendiri suka membaca ttg ilmu psikologi dan bila memberi efek positif setidaknya bisa diterapkan dlm kehidupan sehari-hari... Dalam kajian psikometri dlm blog ini sy sangat tertarik krn selama ini info yg sy dapat selalu dikaitkan dg hal2 mistik pdhal ini nyata secara pengetahuan ilmiah.. Hanya saja adakah cara pengendalian thdp kemampuan psikometri ini krn terkadang disaat yg kurang tepat situasinya tiba2 kemampuan ini muncul tanpa dikehendaki, mungkin disebabkan adanya energi yg saling bertemu dan itu terkadang sangat mengganggu sikon... Misalnya saat rapat, ada rekan kerja yg menggunakan aksesoris yg sudah diisi oleh "energi", krn berada satu ruangan secara otomatis dari bahasa kampungnya "nyetrum" ke tubuh saya dan mereka biasanya mencoba berkomunikasi dan pd saat itu terjadi penglihatan sy seperti slow motion terhadap gerakan yg ada dan itu membuat orang lain melihat sy spt melamun pdhal saat itu sy sendiri dipaksa oleh "benda/aura/energi" utk berkomunikasi dgn mrk...belum lagi pd saat berkendaraan di jalan dimana banyak sekali energi yg bertebaran.... Bila ada rekan yg mempunyai pengalaman yg sama dg sy mohon share utk pengendaliannya,terima kasih

    BalasHapus
  12. Ini bikin salah kaprah deh. Awalnya saya pikir definisi psikometri memang benar kurang lebih seperti yg dijelaskan di postingan blog ini adalah kemampuan psikis kita untuk "melihat" secara persepsi terhadap benda yg kita sentuh (itu sewaktu saya terpengaruh tulisan media internet).
    Setelah saya kuliah di psikologi hal tersebut tidak benar. Dari namanya aja psikometri, psiko=psikologis dan metri=pengukuran.
    Pengukuran terhadap psikologis disini ada metode nya, ada alat ukurnya dan diukur secara rasio, dan tentu bisa terukur secara statistik bukannya hal-hal yg dijelaskan secara metafisik tapi tidak bisa diukur secara rasio. Psikometri juga bukan kemampuan menduga-duga tp tidak bisa diukur benar atau tidaknya.
    Sebaiknya jangan menambah kesalahpahaman kepada masyarakat awam.

    BalasHapus
  13. Haduhh kalo emang ini blog salah kaprah mending jangan di posting , apalagi awam kaya saya yang sedang mencari tahu tentang ilmu psikologi takutnya jadi salah paham, yang dikira psikometri gini ehhh nyatanya bukan. Mending posting sesuai pemahaman bagaimana psikometri yang sesungguhnya . Dan kuliah psikologi dahulu untuk mengetahui apa itu psikometri

    BalasHapus
  14. ingat perbedaan..
    pshychometry = brhubungan dengan meta fisika (psychoscopy)
    psychometrics = berhubungan dengan psychology...

    udah begitu aja...

    BalasHapus
  15. Saya bisa merasakan sesuatu dari benda yg saya pegang, saya bisa merasakan kesedihan, kebahagian, keramaian, etc. seperti contoh saya memegang batu, di pikiran saya tiba2 muncul gunung meletus dan batu itu berasal dari gunung yang meletus, dan saya bisa merasakan bagaimana kondisi disana saat itu. apa itu normal?

    BalasHapus
  16. Saya bisa merasakan sesuatu dari benda yg saya pegang, saya bisa merasakan kesedihan, kebahagian, keramaian, etc. seperti contoh saya memegang batu, di pikiran saya tiba2 muncul gunung meletus dan batu itu berasal dari gunung yang meletus, dan saya bisa merasakan bagaimana kondisi disana saat itu. apa itu normal?

    BalasHapus
  17. Lagi lagi kita bicara tentang keikhlasan... Keikhlasan adalah ilmu yg paling tinggi... Seperti surat alikhlas...

    BalasHapus
  18. Saya tidak tahu apa yang saya miliki tapi saya selalu merasakan kapan seseorang akan meninggal setelah saya bersalaman dengan orangnya (objek). Yang saya rasakan hanya perasaan aneh dan visualisasi seperti nonton film di bioskop.

    BalasHapus
  19. Pertanyaan saya. Apakah admin sudah membuktikan bahwa cara tersebut bisa?
    Dan saya mau tanya, saya kadang" merasakan seperti dalam keadaan bullet time. Tapi itu jarang sekali tersjadi, waktu terjadi cuma pada saat keadaan panik saja. Saya mau mempelajari lebih dalam lagi bullet time saya bagaimana ya caranya? Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  20. Ketika inginz mlakukanz itu bdan rsnya sllu gmetaran & deg2-an.
    Bhkanz ad org yg mimisan stlah mlakukanz Psikometri

    BalasHapus
  21. Saya pernah merasakan adanya hawa yg berbeda di suatu titik ruangan, dan sering merasakan adanya energi asing di sisi saya, mohon bantuan nya?

    BalasHapus
  22. Sekarang ada drakor nya dong "Psychometric" sama banget sama keterangan di atas hehehe

    BalasHapus
  23. Ketika saya ketakutan atau yg lainnya dengan keberadaan saya disebuah ruangan saya sering merasakan hawa aneh seperti ada seseorang atau sesuatu padahal di ruangan tersebut saya sendirian. Dan saat saya ketakutan entah mengapa seperti ada angin yg membuat saya ketakutan tetapi di ruangan tersebut tidak ada jendela yg terbuka ataupun yg lainnya, mohon bantuannya?
    Jujur ini membuat saya sangat ketakutan setiap sendirian.

    BalasHapus